11/29/18

CARA MELAKUKAN SETELAN ENTRI ARTIKEL DI BLOG

Assalamu'alaikum,, Alhamdulillah kita bisa bertemu kembali dan belajar bersama lagi di Kelas Dijital ini, semoga pertemuan ini bisa menjadikan kita manusia yang berguna bagi sesama. Amin

Dalam pertemuan sebelumnya kita telah belajar baca "Cara Membuat artikel yang tepat di blogspot" kali ini kita akan membahas mengenai  cara melakukan setting dasar artikel, sebenarnya pembahasan yang akan kita ulas ini masih ada hubungannya dengan artikel sebelumnya yakni cara membuat artikel yang tepat di blogspot, namun perbedaan pada pembahasaan ini adalah melakukan setting dasar dalam pembuatan artikel yang letaknya di sebelah kanan bertuliskan "Setelan Entri".

setelan entri blog

Setelah anda memahami dalam pembuatan artikel di blogspot dan sudah mencoba untuk membuat artikel tersebut saran saya jangan terburu-buru untuk mempublikasikan artikel anda, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa setting dasar artikel di blogspot ini. Hal ini menurut saya sangatlah penting, karena dengan melakukan hal ini anda akan memahami cara mengelola artikel yang akan anda publikasikan. Oleh karena itu pada kesempata ini saya akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengatur settingan dasar artikel yang akan anda publikasikan.

Langkah-langkah setting artikel
Dalam menu setting artikel ini terdapat 6 fitur yang akan saya jelaskan satu persatu, untuk itu simak baik-baik ych langkah-langkahnya, ke 6 fitur tersebut terdiri dari Fitur Label, Jadwal, Tautan Permanen, Lokasi, Deskripsi Penelusuran dan Pilihan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini
setelan entri
Pada gambar diatas sudah saya beri tanda agar anda dapat memahaminya dengan benar, baiklah untuk langkah pertama adalah: 

A. LABEL

     Label merupakan pengelompokan berdasarkan kategori dari artikel-artikel yang sudah anda buat sebelumnya. Dengan memberikan label pada setiap postingan anda akan mempermudah pengunjung dalam menjelajahi semua isi yang ada dalam blog anda melalui label yang mereka inginkan.
setelan entri label
Seperti contoh gambar diatas, saya sudah membuat label yang di sesuai kan dengan niche blog saya, karena blog saya adalah kelas dijital maka isinya juga kurang lebih seperti diatas. 

Dengan membuat label maka struktur blog anda akan menjadi rapih dan mudah untuk dijelajahi, sehingga bisa membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama berada di blog anda dan membaca artikel-artikel yang sudah anda buat.

B. JADWAL

     Fitur Jadwal ini fungsinya adalah untuk mengatur penjadwalan pada artikel yang akan anda terbitkan, dengan mengatur penjadwalan ini akan menjaga konsistensi penerbitan artikel anda sehingga akan mendapatkan peluang yang lebih baik di mata mesin pencari google (search engine) di bandingkan dengan blog yang penerbitan artikelnya tidak terjadwal atau bisa dikatakan tidak teratur.

setelan entri jadwal

Di fitur jadwal ini ada 2 pilihan, mau yang otomatis apa mau yang manual, Anda tinggal atur saja apakah artikel yang akan anda terbitkan itu terbit satu minggu sekali atau satu hari sekali tergantung kemampuan anda dalam membuat artikel yang berkualitas. Jika anda memilih pengaturan jadwalnya otomatis maka penerbitan artikel itu di tentukan atau di sesuaikan dengan settingan di computer anda. Namun jika sebaliknya maka anda tinggal mengatur saja setelan tanggal dan waktu penerbitan artikel anda.

C. TAUTAN PERMANEN

Tautan Permanen merupakan link URL yang akan anda buat sesuai dengan artikel anda. Dalam fitur ini terdapat 2 settingan yakni Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus, Pembuatan Tautan ini akan ada hubungannya dengan SEO (Search Engine Optimization). Untuk penjelasannya slahkan ikuti langkahnya di bawah ini.
setelan entri tautan permanen

  1. Tautan Permanen Otomatis : Tautan permanen ini akan terbentuk secara otomatis setelah kamu membuat Judul Posting. Ia akan menyesuaikan kurang lebih sebanyak 6 kata, sehingga jika judul posting yang kamu buat lebih dari 6 kata, maka secara otomatis ia akan terpotong, sehingga di anjurkan untuk membuat tautan permanen dengan menggunakan Tautan permanen khusus (namun membutuhkan pengetahuan tambahan tentang penggunaan kata kunci dalam artikel).
  2. Tautan Permanen Khusus : Tautan permanen khusus ini biasanya digunakan apabila kamu sudah memahami penggunaan kata kunci yang banyak digunakan dalam artikel kamu. Hal ini digunakan untuk memudahkan mesin pencari menemukan artikel kamu berdasarkan kata kunci dalam artikel.

D. LOKASI

Lokasi atau peta ini sebenarnya sama dengan google maps yakni menampilkan semua tempat secara geografis. Fitur ini berfungsi untuk menentukan keberadaan anda secara geografis ketika anda membuat sebuah artikel.Fitur ini anda bisa gunakan jika di perlukan
setelan entri lokasi

E. DESKRIPSI PENELUSURAN

     Fitur ini menjelaskan sebuah deskripsi singkat pada ulisan atau tartikel yang akan anda publikasikan, sehingga dengan mengisi deskripsi penelusuran ini pengunjung dan mesin pencari dapat mengetahui isi dari tulisan atau artikel anda.

Deskripsi Penelusuran ini memegang peran penting bagi robot pencari, karena dengan membuat deskripsi ini robot pencari akan memberikan poin dalam halaman anda, sehingga halaman anda akan di tampilkan di mesin pencari yang pengunjung butuhkan. Dengan kata lain deskripsi penelusuran ini merupakan ujung tombak SEO yang kedua setelah title.

F. PILIHAN

Pada menu pilihan ini terdapat  fritur didalamnya yakni Komentar Pembaca, Mode Tulis dan Baris Baru. Silahkan perhatikan gambar berikut
setelan entri pilihan
Keterangan Gambar:

a. Komentar Pembaca : Fitur ini memberikan pilihan boleh apa tidak jika pengunjung memberikan sebuah komentar di artikel anda, Anda tinggal memilih izinkan atau jangan izinkan

b. Mode Tulis : Pada menu ini juga terdapat 2 pilihan yakni Tunjukan HTML apa adanya dan Tafsirkan HTML yang diketik, adna tinggal menyesuaikan mana yang menurut anda mudah

c. Baris Baru : Menu ini digunakan untuk menulis artikel mode HTML juga silahkan anda memilihnya karena menu ini juga ada dua pilihan.Jangan lupa seelah anda mengatur setelan ini klik tanda seslesai agar pengaturan yang anda buat tidak hilang.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga artikel ini bisa membantu anda menjadi sorang blogger yang sukses amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MELAKUKAN SETELAN ENTRI ARTIKEL DI BLOG

0 komentar:

Post a Comment