10/28/19

Panduan Penulisan Artikel Blog Yang Tepat Dan Seo

Dalam ilmu SEO, ada beberapa konsep diantaranya adalah konsep optimasi on-page konsep ini adalah salah satu hal paling mendasar yang harus Anda pahami sebelum optimasi off page. Inti dari on-page SEO sebetulnya sangat sederhana sebagai contoh anda mengoptimasi halaman situs anda bertujuan agar pengunjung merasa puas dan betah berlama-lama berada di dalam situs anda. Untuk itu dalam pemberian fasilitas yang membuat nyaman pengunjung sebaiknya anda harus perhatikan konten yang ada dalam situs anda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sanya konten itu merupakan komponen utama dalam halaman situs. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi onpage. 

artikel seo friendly

ciri-ciri konten berkualitas:

  • Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
  • Lengkap dan terperinci
  • Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung
Menulis konten untuk blog berbeda dengan konten seperti pada umunya. Oleh karena itu, pemahaman akan teknik penulisan artikel SEO yang benar bisa terbilang penting. 

Berikut ini beberapa cara dalam Menulis Artikel yang SEO Friendly :

  • Melakukan Riset Tema (Keyword)

Sebelum anda membuat sebuah konten untuk artikel anda sebaiknya anda lakukan Riset Tema terlebih dahulu karena Riset keywords ini berupa kata knci yang akan mengarah kepada artikel yang anda buat dan bagian terpentingnya adalah dengan riset keywords ini anda bisa membuat kata kunci yang mengarah kepada artikel anda. 
  • Tulis Minimal 400 Kata Per Artikel

Jangan menulis artikel kurang dari 400 kata, karena Serp Engine tidak suka itu. Artikel yang memiliki kurang dari 400 kata mengindikasikan bahwa penulis adalah orang yang kurang aktif. Dan perlu diingat !, Pengunjung suka membaca artikel yang panjang dan tidak bertele-tele. Artikel panjang menunjukkan ke-detail-an.
  • Gunakan Tag H1, H2, H3 dan H4

Banyak blogger pemula yang melupakan hal ini, padahal ini juga merupakan bagian penting dalam seo. Dengan memberi Heading (H) pada sebuah artikel, maka akan tampak jelas mana Kalimat utama dan kalimat penjelas.
  1. H1 untuk Judul Artikel
  2. H2 untuk Kalimat Utama Dalam Atikel
  3. H3 untuk Penjelasan dari H2
  4. H4 untuk penjelasan dari H3

  • Gunakan Bold, Italic, dan Underline

Dengan memberi Bold, Italic Dan Underline pada kata-kata tertentu, maka akan mudah diketahui oleh para pembaca mana kata yang mendapat penekanan. Gunakan Bold minimal pada 3 keyword dalam setiap artikel.
  • Beri Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan gambaran sekilas tentang isi sebuah artikel. Dengan memberi meta deskripsi maka akan memudahkan serp engine dalam mengindex Artikel.
  • Berikan Gambar Sekaligus Alt

Memberi gambar pada artikel menunjukkan keseriusan sobat dalam berbagi informasi. Dengan gambar, sobat telah membantu pembaca untuk lebih memahami artikel sobat. Namun sering Saya temukan, banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh para blogger ketika memasang gambar, yaitu tidak menyertakan ALT. Ingat !, Google bukanlah manusia Google tidak bisa membaca sebuah gambar yang tanpa ada penjelasan (ALT). Jadi, jika sobat memasang gambar pada artikel jangan lupa memasang Altnya juga ya.
  • Backlink Eksternal dan Internal

Salah satu cara paling populer yang paling banyak dilakukan oleh para blogger adalah dengan memasang Internal Dan Eksternal Link. Internal disini maksudnya adalah sobat menyisipkan link artikel sobat yang lain didalam satu artikel tetapi tetap dalam satu blog. Jadi antara artikel yang satu dengan artikel yang lain ada saling keterkaitan.

Eksternal Link adalah Sobat memasang link di Artikel sobat namun bukan dari website/ blog sobat melainkan dari pihak luar. Google menyukai Eksternal link ini karena Google akan menganggap bahwa Artikel sobat memiliki hubungan erat dengan website/ blog orang lain. Maka dari itu, sisipkan eksternal link pada website/blog sobat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Penulisan Artikel Blog Yang Tepat Dan Seo

0 komentar:

Post a Comment